Jumat, 18 Januari 2013

Tujuh Langkah Mudah Memiliki Rumah idaman


Rumah idaman
 Tujuh Langkah Mudah Memiliki Rumah idaman


Cara Mudah Memiliki Rumah idaman – Bagaimana kah cara saya segera memiliki rumah? Saat ini masih ngontrak, jadi setiap bulan membayar biaya sewa. Atau, Anda masih tinggal di Pondok Mertua Indah, dan ingin segera memiliki rumah. Bagaimana cara tepat mengatasi masalah ini?

Berikut adalah jawabannya.

Pertama – Perbanyaklah ibadah. Ha… Ini serius sodara-sodara. Mintalah kepada DIA yang Maha Memiliki. Apa sih yang tidak diberikan Allah Subhanahuwata’ala kepada kita? Bahkan tanpa diminta pun, kita diberikan rejeki tanpa batas, dari lahir sampai saat ini. Adakah diantara kita yang bisa menghitung nikmat Allah yang sudah diberikan kepada kita? Cobalah hirup nafas dalam-dalam. Alangkah nikmat setiap hembusan nafas kita. Beribadahlah kepada Allah, sebagai bentuk rasa syukur atas segala kenikmatan yang sudah dilimpahkan kepada kita.

Sedang ditimpa bencana? Mungkin banjir saat ini terjadi dimana-mana di Jakarta. Marilah bersama-sama mohon ampun atas segala kesalahan kita. Barangkali kita lah yang banyak salah dan dosa. Lihatlah tanah ini. Tanah Jakarta, tanah jawa, kawasan puncak, dan lain-lain, apakah kita sudah memperlakukannya dengan baik? Pepohonan kita tebang, jadilah rumah-rumah mewah, vila, kantor yang menjulang tinggi, bahkan hampir-hampir tidak ada tanah lapang. Bayangkan jika Anda adalah bumi, kira-kira apa yang akan Anda lakukan pada manusia yang hidup di atasnya? Air tanah di hisap. Sampah sembarangan memenuhi sungai. Apakah kira-kira yang pantas Anda lakukan sebagai bumi? Mungkin Anda akan menggeliat-geliat marah. Marah pada manusia yang terlampau serakah dan jorok. Mungkin itu yang akan Anda lakukan.

Maka dari itu, marilah kita intospeksi diri. Memohon ampun atas segala salah dan dosa. Perbanyak ibadah sebelum kehilangan nyawa. Itu langkah awal saat ini yang bisa Anda, dan kita semua lakukan. Apakah kawasan pemukiman mewah/kawasan bisnis tidak terkena banjir? Berapa banyak rumah mewah, bahkan jalan Sudirman dan Thamrin, bahkan sampai istana pun kebanjiran.

Lihat kemampuan financial

Berikutnya, lihatlah kemampuan finansial Anda. Sesuaikan budget. Karena jika terlalu membebani, maka Anda sendirilah yang akan kerepotan. Bukan Anda sendiri, tapi pasti keluarga Anda juga akan merasakan kan?

Jika memungkinkan Anda membeli hard cash, mengapa tidak? Namun sebagian besar para marketer atau developer, atau para investor malah tidak menyarankan Anda membeli dengan uang keras tersebut. Misal Anda membeli cash rumah seharga 300 juta, cash, langsung dapat rumah – satu buah. Sebenarnya Anda bahkan bisa membeli bukan hanya satu, bahkan tiga, empat, atau lima. Caranya tentu dengan pinjaman (pembiayaan – bank syariah biasanya melakukan transaksi jual beli untuk pembelian rumah). KPR bank merupakan salah satu solusi. Solusi lain bisa pinjam kenalan atau orang tua. Jika mereka berada ya.

Pilih rumah impian Anda

Setelah Anda putuskan cara pendanaan rumah, langsung pilih rumah impian Anda dan keluarga. Tinggal tunjuk. Semudah itu kah? Ya semudah itu. Mumpung sedang musim hujan, Anda bisa melihat apakah rumah impian Anda bebas banjir atau tidak. Segera pilih rumah Anda. Jika rumah impian Anda belum juga Anda temukan, maka, langkah berikutnya adalah:

Cari lagi

Ya, cari lagi. Bahkan menurut para investor properti, mereka memiliki rumus ini: 100:10:3:1. 100 adalah angka calon rumah Anda. 10 adalah kurang lebih yang masuk kriteria dan kantong Anda. 3 adalah proses lanjutan yang benar-benar patut Anda tindak lanjuti. Dan 1 adalah rumah impian Anda.

Ajukan aplikasi KPR

Jika hard cash tidak memungkinkan, orang tua tidak memungkinkan, teman-teman Anda apalagi, maka KPR adalah salah satu solusi.

KPR biasanya membebankan sejumlah biaya diawal berupa:
- DP/uang muka – kisaran 10-20 persen dari harga rumah (khusus bank syariah – bank konvensional sudah 30 persen uang muka, makanya buruan ke bank syariah 
- Biaya administrasi, 1 persen
- Biaya asuransi, asuransi kerugian dan asuransi jiwa
- Biaya notaris dll

Siapkan saja kisaran biaya adalah 10 persen dari harga rumah. Jadi jika rumah baru, DP 10 persen, dan siapkan biaya sebesar 10 persen juga.
Persyaratan KPR

Selain dana segar yang harus Anda siapkan. Dokumen-dokumen ini harus Anda persiapkan. Dokumen-dokumen tersebut antara lain: fotokopi KTP, kopi KK, kopi akta nikah, slip gaji, mutasi rekening, dll. Selengkapnya dokumen ada di sini.

Berdoa
Terakhir, berdoa. Itu saja yang bisa Anda lakukan. Tetap yakin, usaha, berdoa, dan tawakkal. Bahwa kepusan Allah adalah yang terbaik untuk kita.

1 komentar:

  1. -
    Butuh suasana pinjaman pribadi atau bisnis untuk berbagai keperluan? Jika demikian, hubungi kami melalui e-mail ... johnsonleehloaninvestment@outlook.com
    nama:
    Proporsi:
    durasi:
    negara
    tujuan:

    BalasHapus