Selasa, 15 Januari 2013

Persyaratan KPR Syariah Mandiri

Persyaratan KPR Syariah Mandiri
Berikut adalah persyaratan untuk KPR di Syariah Mandiri, antara lain yaitu:

Ketentuan Umum:
  1. Maksimal Pembiayaan Bank sebesar 90% dari harga developer (rumah baru).
  2. Maksimal Pembiayaan Bank sebesar 80% dari harga taksasi/pasar wajar (rumah second)
  3. Cicilan tetap sampai akhir pembiayaan.

No
Dokumen
Karyawan
Wiraswasta
Profesional
1Aplikasi Permohonan lengkap
V
V
V
2Copy KTP nasabah dan pasangan
V
V
V
3Copy KK & surat nikah
V
V
V
4Asli Slip Gaji/surat keterangan penghasilan terakhir
V
-
V
5Copy SK pengangkatan Pegawai tetap
V
-
-
6Copy rekening tabungan/Giro 3 bulan terakhir
V
V
-
7Surat persetujuan suami/istri
V
V
V
8Copy ID card pegawai (jika ada)
V
V
V
9Copy NPWP (pembiayaan > Rp. 50 juta)
V
V
V
10Fotocopy SSP dan SPT atau tax clearence tahun terakhir
-
V
V
11Fotocopy ijin usaha atau ijin praktek
-
V
V
12Copy Laporan keuangan 2 tahun terakhir
-
V
-
13FC KTP Direksi dan komisaris atau pengurus dan pengawas
-
V
-
14Rencana Anggaran Biaya (khusus renovasi)
V
V
V
15Fotokopi Surat Keterangan WNI (SKBRI) dan Ganti Nama (Warga Keturunan)
V
V
V

Tambahan Syarat untuk Rumah Second:
  1. Fotokopi Sertifikat Tanah
  2. Fotokopi IMB
  3. PBB (Tahun Terakhir)
  4. Surat Penawaran Penjual
Informasi selanjutnya dapat menghubungi kami di:
EKO ANDRIANTO

0812 8013 5327
021 3442371 ext 111 / 110

-->

71 komentar:

  1. untuk rumah second: seharusnya pihak bank yang menyediakan rumahnya, kok seakan-akan kita yang harus menyediakan rumahnya. nggak salah nih dalam akadnya kan jual beli. berarti pihak bank yang menyediakan..mohon penjelasannya?

    BalasHapus
  2. Benar bahwa akadnya adalah jual beli.

    Pihak bank sebagai penjual, dan nasabah sebagai pembeli. Namun bank, sesuai dengan fungsinya dan sesuai peraturan bank Indonesia, tidak diperkenankan memiliki bisnis lain selain bisnis perbankan, yaitu menyimpan dana pihak ketiga dan menyalurkannya dalam pembiayaan/kredit.

    Demikianlah, jadi bank dalam hal ini tidak menyediakan rumah ready stock. Namun biasanya bank sudah bekerja sama dengan developer agar nasabah lebih mudah mendapatkan rumah pilihannya.
    Berbeda dengan rumah second, nasabahlah yang lebih tahu rumah mana yang menjadi incarannya.

    Demikian, semoga bisa menjelaskan

    BalasHapus
  3. Untuk suka bunga skg yg berlaku brp ya pak? Klo plafon e 160jt 15tahun,,angsuran e brp?

    BalasHapus
  4. 1-5 tahun 11% efektif p.a
    6-10 tahun 12% eff p.a
    11-15 tahun 13% eff p.a

    Plafond 160 juta, cicilan tetap 15 tahun adalah 2,024 juta per bulan.

    Ada pula metode step up price, dengan plafond 160 juta untuk 15 tahun:
    cicilan tahun 1-2 : 1.622 juta per bulan
    Cicilan tahun 3-5 : 1.889 juta per bulan
    Cicilan tahun 6 dst : 2.044 juta per bulan

    demikian, semoga bisa membantu.

    salam

    BalasHapus
  5. Saya mau tanya,untuk plafond 200 juta ,10 thn berapa angsurannya?

    BalasHapus
  6. Yth Bapak Achmad nawawi,
    untuk plafond 200 juta, jangka waktu 10 tahun, cicilan Rp. 2.869 juta per bulan Pak.

    Demikian Pak
    Salam

    BalasHapus
  7. Bagaimana jika rumah yang mau di beli tidak dapat terbit IMB karena ukuran tanahnya kurang dari 200m persegi..?
    Apakah rumah yang tidak memenuhi syarat untuk terbit IMB tersebut masih dapat di ajukan untuk KPR..?

    BalasHapus
  8. Seharusnya rumah tersebut bisa terbit IMB -

    barangkali tidak terbit IMB nya karena memang faktor daerahnya Pak. Karena bisa jadi tidak bisa terbit IMB karena peruntukan daerah tersebut memang bukan untuk perumahan. Jika seperti ini maka rumah tidak bisa dibiayai.

    Demikian, salam

    BalasHapus
  9. pak eko... jika saya mau pinjam 120jt cicilan 10 tahun fix/ flat jatuh per bulan berapa ya?? dan apakah 120 jt itu masih kena potongan lain-lain kira kita yang saya terima berapa totalnya.

    BalasHapus
  10. Pak Eko yang diatas nama saya tyo bisa info juga ke alamat email saya prasetyo0511@yahoo.com. terima kasih

    BalasHapus
  11. Ass,mas apakah wajib kpr mncantumkan sk pgawai tetap,sedangkan msa kerja sdah 4tahun sebagai honorer,dan penghasilan 5jt perbulan,tks dari boby di tanggerang

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yth Bapak Boby,
      benar Pak, pegawai tetap. Untuk saat ini pegawai kontrak belum dapat diakseptasi - hal ini terkait aturan untuk asuransi - demikian Pak,
      salam

      Hapus
  12. maav saya ikt nimbrung nih...saya sudah ambil rumah
    dengn cicilan pertahun itu naik...tapi saya lihat penjelasan bapak eko yg ini

    1-5 tahun 11% efektif p.a
    6-10 tahun 12% eff p.a
    11-15 tahun 13% eff p.a

    Plafond 160 juta, cicilan tetap 15 tahun adalah 2,024 juta per bulan.

    Ada pula metode step up price, dengan plafond 160 juta untuk 15 tahun:
    cicilan tahun 1-2 : 1.622 juta per bulan
    Cicilan tahun 3-5 : 1.889 juta per bulan
    Cicilan tahun 6 dst : 2.044 juta per bulan


    saya kira untuk bank syariah itu cicilan tetap ko' masih naik naik juga...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bp Awal,
      Benar bahwa cicilan KPR syariah adalah dari harga jual dibagi dengan jangka waktu, simpelnya seperti itu.

      Namun bisa juga bukan, jika harga jual, dibagi dengan jangka waktu, dengan pembayaran lebih sedikit di depan, dibandingkan dengan pembayaran dibelakang.
      Misalnya harga jual 150 juta, jangka waktu 15 tahun. Mudahnya adalah setiap tahun cicilan adalah 10 juta. Namun bisa juga dibuat, dengan kesepakatan penjual pembeli, cicilan tahun 1-2 adalah 5 juta saja; tahun 3-5 adalah 8 juta; nah tahun2 berikutnya adalah sisanya. Bukankah hal ini bisa juga dilakukan.
      Demikian,

      Salam.

      Hapus
  13. Yth Bapak Tio,
    Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh

    Untuk cicilan 120 juta selama 10 tahun, cicilan tetap perbulan adalah: Rp. 1.721.651,- per bulan. Yang dibiayai bank adalah total 120 juta. Oia, minus DP 20 persen. Jadi jika sudah termasuk DP, cicilan seperti di atas. Namun jika harga rumah adalah 120 juta, Bapak harus menyediakan dana 20 persen untuk DP, yaitu 24 juta, pembiayaan bank adalah 96 juta; Cicilan untuk 10 tahun adalah Rp. 1.377.321,- per bulan.

    Demikian Pak Tio.


    Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatu

    BalasHapus
  14. salaam..
    jika saya seorang karyawati dan belum menikah, apakah bisa mengajukan aplikasi untuk KPR, karena saya lihat dalam persyaratan diatas, harus ada copy surat nikah dan persetujuan dengan pasangan.

    terima kasih
    efi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ibu Efi, eh Mbak Efi, boleh mbak mengajukan; surat nikah hanya untuk yang sudah menikah;

      Demikian mbak

      Hapus
  15. Assalaamu'alaikum,
    Pak beberapa waktu lalu ada artikel mengenai BSM yang memberikan DP 0% untuk kepemilikan rumah. Mohon klarifikasi.

    Terima Kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. DP 0% maksudnya jika memang harga rumah bisa jauh dibawah harga pasar, dan appraisal bank jauh di atas harga itu, sehingga Bapak/Ibu bisa mendapatkan plafond yang lebih besar, sehingga DP bisa tertutupi. Demikian, salam.

      Hapus
  16. siang Pa Eko. saya wiraswasta sudah berjalan hampir 15 th tetapi saya tidak punya ijin usaha / npwp tetapi tabungan di bank mandiri ada. apa masih bisa mengajukan kpr rumah second? trims

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tetap dibutuhkan ijin usaha dan NPWP pak Junaedi;
      Barangkali Pak Junaedi bisa mulai mengurusnya sekarang,

      Terima kasih.

      Hapus
  17. salam kenal pak Eko. saya mau tanya bila saya mau mengajukan KPR 200juta itu cicilannya perbulan berapa sekarang dalam jangka 10 tahun atau 15 tahun? dan apakah bisa dp yang 20%-30% dari pengajuan tidak dipotong langsung. jadi intinya saya murni mendapatkan pinjamannya 200juta.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pembiayaan bank 200 juta, cicilan:
      Cicilan tetap 10 tahun: Rp. 3.045.487,00
      Cicilan tetap 15 tahun: Rp. 2.731.001,00

      DP 30 persen pak;
      Demikian.

      Hapus
    2. Salam kenal pak Eko, saya mau tanya jika saya mengajukan KPR 265 juta, cicilan perbulan nya yang single berapa ya?. Dengan jangka waktu 15 tahun dan dp 30%. Terima kasih.

      Hapus
  18. slam kenal pak eko, perkenalkan saya fajar...
    mau tanya, apakah pegawai kontrak alah satu bank ternama bisa mngajukan aplikasi kpr bsm? dan apakah sistem perumahan pesan bangun bisadibiayai kpr bsm? serta mnta tlong htungkan besaran cicilan kredit 120jt 15 tahun dngn dp min 30%....
    trimakasih atas responnya.....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salam kenal juga pak fajar.
      Secara umum, bank saat ini mensyaratkan pegawai tetap pak. Demikian. Untuk pembiayaan 120 juta, DP 30 persen (Pembiayaan bank = Rp. 84.000.000), Cicilan:
      10 tahun = Rp. 1.279.104,00
      15 tahun = Rp. 1.147.020,00

      Demikian pak fajar

      Hapus
  19. Malam pak eko...kalo harga rumah seken nya 282.500.000....dengan jangka waktu 10 tahun... kira2 berapa dp yg harus sya siapkan. .dan berapa juga cicilan prrbulan nya...mohon penjelasanya. Trims

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear Bu Eka,
      Ibu harus persiapkan DP 30 persen = Rp. 84.750.000,-
      Pembiayaan bank = Rp. 197.750.000,-

      Cicilan 10 tahun = Rp. 3.011.224,-
      Cicilan 15 tahun = Rp. 2.700.277,-

      Disamping itu biaya-biaya juga perlu ibu persiapkan. kisaran biaya sekitar 7-8 persen dari pembiayaan bank. demikian bu, semoga bisa membantu

      Hapus
  20. Dear Pak Eko,
    Saya rencannya mau KPR Rumah Second denga harga rumah Rp.200 Jt.
    Perkiraan jika DP all in dari Bank..berapa cicilan yang hrs saya bayar dengan jangka waktu 10 atau 15 tahun?
    Tks Pak tangapannya...
    Salam
    Saut Simatupang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear Pak Agus,
      Cicilan 10 tahun = Rp. 2.560.654,-
      Cicilan 15 tahun = Rp. 2.058.384,-

      itu pembiayaan bank 200 juta ya pak;

      Jika bapak dp 20-30 persen; nanti cicilan bisa berkurang.
      demikian pak Agus

      Hapus
  21. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  22. Dear pak eko...
    saya wike.... jika harga rumah 380 jt, rumah tersebut 1 tahun pakai, berapa DP yg harus saya siapkan? Trus brp cicilan perbulan jika jangka waktu 10 tahun dan 15 tahun. Trims....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear Ibu Wike,
      Maksudnya Ibu ingin membeli dari orang lain, rumah yang baru 1 tahun ya Bu?
      Untuk harga 380 juta, DP adalah 30% (rumah second, jadi 76 juta).

      Pembiayaan bank = 304 juta.
      Cicilan 10 tahun = 4.6 juta
      Cicilan 15 tahun = 4.1 juta.

      Demikian Ibu Wike

      Hapus
  23. Salam kenal Pak Eko...saya mau tny...jika suami saya bkrja di perusahaan,tapi tidak menggunakan system transf gaji melalui bank...apakah saya msh bs mengajukan kpr???

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salam kenal Ibu Kelly. Masih bisa Bu, nanti Bapak dimintakan untuk menyampaikan surat keterangan penghasilan dari perusahaan Bu, plus SPT tahunan juga disertakan. demikian Bu. Salam

      Hapus
  24. Mas Eko, saya mau tny utk take over. sisa utang saya 240jt.
    Kalo di BSM kena margin 10th jadi brp per bulan?
    Trz sistem angsuran margin+pokoknya tetap atau piramida terbalik.
    Karena ini jarang di infokan ke nasabah.
    Mohon pencerahannya ke sanny_acm@yahoo.com

    BalasHapus
  25. saya beli rumah 180juta tahun 2010, ingin take over ke BSM dg margin 15th per bulan berapa? (dihitung berdasar melihat sisa hutang/cicilan di bank konvensional atau melihat harga pasaran rumah itu tahun 2013 ini?)

    ada yg bilang harus siapkan dana 8-9% untuk administrasi ke bank konvesional yang ditinggal, dan juga ke bank syariah yang baru...apa itu benar? bisakah tanpa ada biaya tersebut?

    mohon penjelasan ke ikesukma@gmail.com

    BalasHapus
  26. bos untuk take over tp trus balik nama sertifikat bisa kan ,tapi take overnya ada penambahan plafond?

    BalasHapus
  27. mas Eko saya mau tanya untuk persaratan dibawah ini:
    Copy rekening tabungan/Giro 3 bulan terakhir
    jika perusahaan saya menggunakan bank lain apakah bisa dipergunakan??? atau saya harus menabung di bank syarih Mandiri??
    terimakasih..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear Pak Wahyu...
      mohon maaf, saya baru buka-buka blog.

      Bisa rek dari bank lain. Nanti untuk kredit kita bukakan rek baru di syariah mandiri.

      Thx

      Hapus
  28. Pak Eko saya ingin take over dari Bank lain ke Mandiri syariah. Plafon Rp 170 jt cicilan 7 tahun, berapa total biaya dan cicilan per bulannya? apakah biayanya bisa dimasukkan ke dalam utang karena sekarang cash flow sedang tidak memungkinkan....? mohon jawabannya ya Pak.. terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear Pak/Bu,
      untuk saat ini biaya tidak bisa dimasukkan ke pembiayaan/pinjaman.
      harus disediakan biaya.
      Thx

      Hapus
  29. selamat siang pak
    saya mau tanya nih, rencana saya mau beli rumah second seharga sekitar 560jt
    syaratnya apa aja ya pak trs ada DP g. dan seandainya saya sdh DP ke penjual 30% apa saya juga harus DP ke BSM. trs jangka waktu pembayaran paling lama berapa tahun ya pak. mohon jawabannya ya pak terima kasih

    BalasHapus
  30. Selamat sore pak eko,,perkenalkan nama saya asep, saya dapat info dari teman saya untuk KPR BSM, jika luas bangunan dibawah 70mtr maka DP yg harus dibayar bisa 10% , apakah itu benar?mohon info..dan tolong simulasikan jika harga rumah 300jta berapa besar cicilan/bln selama 15thn? terima kasih

    BalasHapus
  31. Assalamualaikum wr.wb.
    Pak Eko

    Saya Zulfikar, saya ingin merenovasi rumah, Rencana Anggaran Biaya -+Rp. 100juta untuk cicilan dibawah 10 tahun brp cicilan yang harus dibayarkan.. (7,8,9,10) mohon di infokan juga melalui alamat email saya zulvikar.ahmad@gmail.com... terimaksih sebelumnya

    Wassalamualaikum. wr .wb

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mohon maaf baru merreply, nanti kami kirimkan ya Pak Zulfikar. terima kasih

      salam

      Hapus
  32. assalamualaiku
    pak kalo misalkan harga rumah sekond itu 85jt untuk cicilan selama 10 thn itu berapa yah pak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waalaikumsalaam
      nanti kami jelaskan ya pak,

      terimakasih;

      Hapus
  33. Assalamualaykum, maaf Pak Eko,apakah juga melayani kpr syariah pembelian rumah di luar negeri? Misalnya di Australia, mohon penjelasannya. Terimakasih

    BalasHapus
  34. assalamu'alaikum
    pak eko boleh ya saya minta infonya
    saya kan pengajuan ke kpr tapi ditolak gak tau alasanc apa..
    saya ambil perumahan dengan DP 75jt sisanya 85 jt di kprkan selama 15th, padahal saya sudah balik nama sertifikat rmh itu jadi nama saya bukan nama developernya, dan saya sudah bayar BPHTP, split, apht, peningkatan hak dan pajak final sebesar 12jt
    gimana caranya klo seandainya saya ajukan ke mandiri syariah

    BalasHapus
  35. Assalaamu'alaikum
    Pak Eko saya ingin take over dari Bank lain ke Mandiri syariah. Plafon Rp 265jt sisilan 15 th berapa total biaya dan cicilan per bulannya?

    BalasHapus
  36. bila tmn2 ada yg mw kpr mandiri syariah atau bertanya ttg kpr mandiri syariah bisa menghubungi saya di no 082260097302 atau email ke iqbalchaidar0@gmail.com atau michaidar@bsm.co.id

    BalasHapus
  37. Pak eko sya mau tanya klo pinjaman 170 jt.untuk beli tanah dan bangun rumah. Dp all in dari bank.cicilan 10 dan 15 tahun berpa sya bayar tiap bulannya..terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. All in dari bank tidak bisa Pak/Bu...
      harus sediakan DP minimum 30 persen.

      terima kasih

      Hapus
  38. JIka mau take over dari mandiri ke mandiri syariah bgmn?
    posisi masih belum 1 tahun cicilan
    trims

    BalasHapus
  39. Mohon bantuan simulasi kredit pak, jika harga rumah Rp. 400 juta. Dp 30%, dan lama cicilan 15 tahun, berapa cicilan per bulannya. Terima kasih sebelumnya.

    BalasHapus
  40. pak eko, saya mau beli rumah second harga 185 juta..kira kira dp bisa < 20 persen dan cicilan brapa ?

    salam
    ilham

    BalasHapus
  41. aslkum pak eko. . .saya mau tanya jika saya mau beli rumah dengan harga sekitar 400 juta kira2 cicilan per bulannya berapa yaa selama 10 atau 15 tahun DP 10%. . . .mohon dbantu ??

    BalasHapus
  42. Asalsmualaikum pak eko.sy bu sinta. Mo tnya.sy cm punya uang 20 juta.sy ingin mmbeli rumah yg sedang sy kontrak skrg ini dgn hrga 300 jt.suami sy krj d kapal tp sistem kontrak.ap bs mngajukan kpr rmh? Brp kira kira cicilannya per bln slma 10 ato 15 th.mksh pak eko

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ibu Sinta yang baik, mohon maaf baru reply.

      Terus terang saat ini saya pindah bagian :D
      namun nanti informasinya saya teruskan.
      DP saat ini adalah 30% Bu. jadi disiapkan dahulu,

      Untuk pekerjaan, biasanya akan diminta/syarat pekerja tetap. namun masih bisa dilihat by case. Nanti dikonsultasikan ke cabang terdekat saja ya Bu.

      Salam.

      Hapus
  43. Pak eko saya mau beli rumah kpr harga 110 juta.kira kira berapa kalo tanpa DP, selama 15 tahun

    BalasHapus
  44. Pak eko boleh dikirim ke email simulasi nya ke bonanx@live.com
    saya bulan ini mau mengajukan KPR BSM, untuk cicilan 15 tahun total pinjaman 184 juta,, untuk yang step up . terima kasih pak

    BalasHapus
  45. Baik Pak, insyaallah kami kirimkan...
    terima kasih sudah berkunjung. semoga bermanfaat

    Salam

    BalasHapus
  46. Assalamualaikum pak eko,pak saya ingin mengajukan kpr pak,tp status kepegawaian saya masih kontrak pak,kira2 sya ttp bsa mengajukannya gak pak??

    BalasHapus
  47. Assalamualaikum. Perkenalkan sy, Ari. Saya mau tanya pak eko. Saya mau mengajukan KPR pembelian rumah second dg harga 300jt. Apakah bisa tanpa DP dan kira2 berapa biaya adm nya? Berapa angsuran per bulannya selama 10 tahun?
    Trm kasih byk.

    BalasHapus
  48. Pak eko berapa cicilanya per bulan kalau 117 juta selama 15 tahun

    BalasHapus
  49. Siang pak, saya karyawan swasta di perusahaan TBK, gaji saya gross 7.6 Kira-kira bisa gak saya ambil plafon 300 jt, atau kalo gak berapa plafon maksimal saya dan berapa cicilannya. thanks

    BalasHapus
  50. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus