Selasa, 26 Februari 2013

Usia Manusia, Siapa yang Tahu?

Usia Manusia
Usia Manusia, Siapa yang Tahu?

Berita beberapa saat lalu begitu menggelegar. Buat kami pribadi, tidak disangka-sangkat. Ibu salah seorang sahabat meninggal dunia. Saya sepertinya baru tersadar, bahwa umur itu cepat sekali berlalu. Sepertinya belum lama bertemu dengan beliau, beliau sudah mendahului ke alam baka. Dan jika dipikir-pikir, dirasa-rasa, saat SMP, itu sudah hampir 20 tahun yang lalu, tetapi semua masih jelas teringat, masih seperti baru kemarin saja.

Dan saya juga berfikir, meskipun banyak uang, namun siapa yang dapat menunda maut. Berapa umur Anda saat ini? 30-an, 20-an, atau 40-an? Jika bisa, misalnya, Anda akan diberikan uang 1 triliun, mungkin tidak terbayang banyaknya, karena terlalu besar, 1 milyar barangkali? Banyak bukan? Ya sudah, 1 triliun untuk Anda. Namun, jika Anda berumur 30-an tahun, sudikah umur Anda ditukar dengan uang 1 triliun, plus bonusnya umur Anda jadi 60 tahun? Anda terima? Baiklah, Anda menjadi 50 tahun, terima? Untuk saya, saya tidak terima. Bagi Anda mungkin lain. Tapi, wah, saya baru sadar, umur, waktu, tidak bernilai harganya. Lebih baik dari dunia ini dan seisinya. Ternyata seperti itu ya.

Mulai saat ini, marilah kita manfaatkan waktu yang hanya sebentar di dunia ini untuk kegiatan-kegiatan yang bermanfaat. Hindari nongkrong-nongkrong yang tak berguna. Perbanyak ilmu , perbanyak amal ibadah, perbanyak manfaat bagi manusia. Sebaik-baik kita adalah yang paling bermanfaat bagi manusia.

Sebelum sesal benar-benar datang, selagi masih ada waktu. Sayangilah keluarga. Hormatilah orang tua. Karena waktu tiada yang tahu. Jika Anda menderita di kantor, lihatlah keluarga Anda amat menyayangimu. Semua berharap kebaikan untukmu. Amal ibadahmu lah yang akan menyertaimu sampai alam abadi nanti. Jangan sia-siakan waktu. Perbaiki diri, selagi masih bisa, sebelum ajal itu datang.

Baiklah, mungkin itu bagian dari pelajaran hari ini. Semoga kita semua mau menghargai usia yang diberikan oleh Dia Yang Maha Kuasa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar