Rabu, 13 Februari 2013

Syarat Menjadi Seorang Account Officer


Account Officer
 Account Officer


Account officer bank atau biasa disingkat AO merupakan ujung tombak bisnis bank, yang bergerak dalam bidang penyaluran pembiayaan (kredit). Secara umum pembiayaan/kredit adalah penyaluran dana kepada nasabah untuk dipergunakan dalam kegiatan produktif/usaha maupun konsumtif. Kegiatan produktif misalnya adalah kegiatan usaha semisal produksi makanan, kegiatan usaha penjualan, dan lain-lain. Konsumtif bisa berupa pembelian kendaraan bermotor atau pembelian rumah.

Syarat Kecakapan Umum

Nah, bagaimana seseorang menjadi AO, syarat umumnya adalah sebagai berikut:

Memiliki jaringan yang luas. Maksudnya adalah memiliki sumber data yang baik, sehingga tidak akan mengalami kesulitan untuk memasarkan produk pembiayaan.

Memiliki pengetahuan umum yang memadai. Hal ini bisa saja nasabah mengajukan pembiayaan yang sama sekali AO tidak mengetahui bisnis nasabah. AO harus mencari prospek bisnis nasabah, sehingga kerjasama pembiayaan akan saling menguntungkan. Apakah mau, AO menghasilkan nasabah yang macet tidak mampu membayar cicilan? Tentu saja tidak mau bukan?

Mental baja. Ha… maksudnya karena tugas AO adalah sangat beresiko, memanggul untung-rugi sebuah bank, tentu saja mental kuat harus dimiliki. Bisa jadi pimpinan Anda akan menuntut kinerja Anda, dan tentu saja nasabah akan memaksa pencairan pinjamannya. Sebelum cair, nasabaha akan sangat koperatif, namun setelah cair, jika analisis Anda kurang baik, bisa jadi nasabah akan sangat sulit dihubungi. Apalagi jika sampai nasabah menunggak, Anda yang menagih, bisa jadi Anda juga yang dimarahin nasabah. Ha… apasih dimarahin itu? Maksudnya nasabah Anda bisa lebih galak dari Anda. Persiapkan mental Anda.

Syarat kecakapan Khusus

Analisis yang baik. Memang tugas utama seorang AO selain memasarkan produk pembiayaan, juga menganalisis nasabah yang mengajukan pembiayaan. Ketajaman analisis seorang AO akan sangat membantu bank tempatnya bekerja memperoleh nasabah yang baik, sehingga keuntungan bank meningkat, dan otomatis, bank sebagai penyalur dana masyarakat (nasabah), nasabah memperoleh bagi hasil yang bagus.

Mau meningkatkan kemampuan dan pengetahuan. Karena, bisa jadi Anda akan menemukan banyak bisnis yang belum Anda kuasai. Inilah keunggulan AO. Anda bisa belajar banyak sekali bisnis. Hitung-hitung Anda belajar ya…

Mencari Nasabah

Proses awal seorang AO menganalisis adalah dari nasabah yang mengajukan. Biasanya, nasabah yang baik adalah yang dicari. Ha… maksudnya, carilah nasabah, bukan menunggu di bank. Biasanya nasabah yang datang kadang membawa proposal yang tidak jelas. Kadang-kadang… namun tentu tidak semuanya. Yang jelas, nasabah harus dicari.

Setelah mendapatkan nasabah yang memenuhi persyaratan mendapatkan pembiayaan, tugas berikutnya adalah analisis nota pembiayaan. Dalam menganalisis ini, perhatikan benar dalam kelengkapan data, BI checking, dan tentu saja laporan keuangan nasabah.

Prospek Bisnis

Lihat prospek bisnis nasabah. Biasanya bank akan mengeluarkan daftar prospek bisnis, menarik, kurang menarik, atau tidak menarik. Pastikan yang terbaik yang Anda ajukan. Capai-capai Anda buat nota analisis, namun ditolak ditengah jalan, Anda rugi waktu, dan pasti juga lelah. Cari nasabah yang baik, analisis yang baik, dan pastikan source repayment (sumber pembayaran) nasabah juga baik. Sehingga Anda tidak akan dipusingkan nantinya.

Proses Nota Analisis Pembiayaan

Nota analisis dimulai dari data. Data awal Anda bisa mewawancarai nasabah Anda. Data-data pendukung pembiayaan dilengkapi. Laporan keuangan nasabah. Dan tinggal proses analisis. Pembuatan nota akan kita kupas dalam artikel-artikel ke depan.

Happy selling, salam…

1 komentar: