Kamis, 31 Oktober 2013

Tips Punya Kos-kosan, Mau Nyoba?

Tips Punya Kos-kosan, Mau Nyoba?
Kos-kosan
Kos-kosan
Tips Punya Kos-kosan, Nyok dicoba… pegimane caranya sob? Apa mau nyoba nambah pintu nih?
Nih, ini adalah tips n tricks jitu Anda untuk menjadi pengusaha, pengusaha sembari bekerja. Bukan sembarang pengusaha. Pengusaha kos-kosan. Lumayan kan? Kosan 10 kamar? Wuih, kalo per kamar 500 ribu, sudah 5 juta lho per bulan. Lumayan bukan untuk menambah penghasilan bulanan Anda. Nah, bagaimana caranya bro?
Begini ceritanya. Pertama, pastikan Anda masih bekerja. Ini untuk kemudahan sob. Kemudahan analisis. Karena jika Anda bekerja, penghasilan kan hampir pasti tuh, dari pendapatan bulanan Anda dari gaji, bonus, tunjangan dll. Lain halnya memang para pengusaha. Mau jadi pengusaha kan? Cara yang smooth aja dah, takut dapur kagak ngebul, hehehe... Oia, atu agi, pegawai tetap ya sob, sorry ini mah, aturan dari sononya. Gaji gede, tapi kontrak, ampun dije
Berikutnya, modal sudah pasti tanah dulu ya. Jika Anda sudah punya tanah/kavling siap bangun, wuih itu anugerah bro. Jika belum, modal dulu donk. 100 meter persegi juga sudah lumayan, bisa 3-4 pintu bukan, buat kontrakan?
Kemudian, siapkan rencana anggaran, RAB – rencana anggaran belanja. Maksimum pembiayaan/kredit adalah 15 tahun. Jadi dari anggaran Anda, Anda juga perlu perhitungkan dari pendapatan bulanan Anda. Ada yang dinamakan DSR, yaitu maksimum jumlah cicilan Anda dibandingkan dengan pendapatan bulanan. Maksimum DSR adalah 40%. Sedangkan pendapatan kos-kosan Anda, jika Anda sudah punya, akan diaksep sebagai pendapatan setelah kos-kosan berjalan lebih dari 2 tahun, begitu. Jadi untuk yang baru memulai, belum bisa diterima sebagai bagian dari pendapatan. Pendapatan hanya dari gaji bulanan saja. Demikian.
Persyaratan bagaimana?
Secara umum persyaratan hampir sama dengan persyaratan KPR untuk pegawai. Plus, ditambah dengan Surat Keterangan Usaha (SHU), cukup dikeluarkan dari kelurahan. Jangan lupa tanah harus sertifikat dan IMB ya.
Semoga bermanfaat,
Salam,
Eko Andrianto
@masekoandri 

Picture from: rumahdijual.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar