Jumat, 26 Juli 2013

Mengelola Keuangan saat Lebaran

Mengelola Keuangan
Mengelola Keuangan saat Lebaran
Bulan Ramadhan - Bulan penuh berkah. Termasuk masalah pendapatan.
Ada sebagian, atau mungkin sebagian besar masyarakat Indonesia akan mendapatkan angpau dari kantornya masing-masing, dalam bentuk THR. Ada yang 1x gaji, 2x gaji, atau bonus-bonus tak terbatas lainnya. Tentu senang bukan? Ya, alhamdulillah. Semoga rejeki yang diberikan Allah subhanahuwata'ala adalah keberkahan untuk kita semua. Namun, perlu diingat, untuk saving. Ingat, Jika Anda, atau siapa saja yang mengandalkan hanya dari gaji saja, sebulan itu bukan hanya lebaran saja. Ya memang kita ingin memberikan semua yang diinginkan oleh orang-orang tercinta, namun itu semua harus sesuai dengan kemampuan kita. Jangan seperti pepatah lama, besar pasak daripada tiang - besar pengeluaran daripada pendapatan. Ingatlah saving sodara-sodara. Saving untuk sekadar bertahan di bulan depan, atau saving untuk kebutuhan Anda dimasa datang. Banyak lho kebutuhan Anda dimasa datang, misalnya, sekolah anak - ini juga perlu dipersiapkan. Kesehatan, juga kebutuhan yang tidak boleh dilupakan. Mungkin kita sedang sehat, namun ingatlah saat sakit. Belum lagi jika Anda menginginkan rumah idaman Anda, cicil KPR pula :d, tentu itu bukan jumlah yang sedikit untuk didapatkan. Kemudian ingin berangkat haji misalnya, ini juga tidak murah. Minimal untuk mendaftar dapat nomor urut saja itu sudah 25 juta - itu untuk urutan 10-15 tahun yang akan datang lho.
Nah dibawah ini saran kami untuk sebagian THR Anda:
  • Belanjakan - maksimal pembelanjaan dari THR Anda kami sarankan tidak lebih dari 70%. Ini sudah termasuk belanja lebaran Anda, sudah termasuk THR untuk istri, ongkos pulang kampung, ole-ole, baju lebaran, pemberian ke orang tua, dll. Anda bisa siasati demikian: lebaran kue-kue dkk 20%, ke istri 20%, ongkos 20%, lain-lain 10%. Usahakanlah dipaskan. Kalau kurang juga bagaimana? ya itu masalah Anda kan? hehehhee... Sabar, tawakkal, berdoa, bekerja lebih keras lagi :d
  • Simpan untuk kebutuhan Anda di masa depan 10% - dalam bentuk tabungan investasi, atau bisa Anda buatkan tabungan cicilan emas, kebetulan kami memiliki program ini.
  • Sedekahkanlah 10% - bukan zakat ya, sedekah. Dari ustadz-ustadz kan banyak menyampaikan, sedekah 10 akan dibalas 100 - dan mudah-mudahan rejeki Anda juga akan semakin lancar.
  • 10% sisanya pergunakan untuk cadangan Anda di bulan depan. Ingat, sekali lagi, tanggal 25 Agustus itu masih lama lho :d
 Nah demikian sedikit dari kami, semoga bermanfaat.
Salam,
Eko Andriano/Financial Planner
0812 8013 5327

Tidak ada komentar:

Posting Komentar