Rabu, 21 Agustus 2013

DP KPR Syariah

DP KPR Syariah

DP KPR Syariah


Saat ini, ketentuan DP KPR syariah adalah sama dengan KPR bank umum, yaitu 30% untuk rumah baru dan rumah second. Jadi, say goodbye to 10% DP ya… hehehehe… eits, tunggu dulu, itu untuk tipe bangunan diatas 70 m persegi. Untuk dibawah itu, nah masih bisa 10% DP bro and sist
“Bank Indonesia (BI) akhirnya menyeragamkan aturan DP kredit perumahan (KPR) dan kredit kendaraan bermotor (KKB) antara bank umum dan syariah. Aturan ini akan ditetapkan pada awal tahun depan dan berlaku tiga bulan setelahnya.” Kutipan dari om detik.
 
Aturan baik
Sebenarnya, aturan ini, DP ini adalah untuk melindungi nasabah – dari gejolak bubble yang mungkin bisa terjadi. Tentu masih ingat kasus sub-prime mortgage di amrik sana bukan? Kasus tersebut kurang lebih adalah pembelian rumah untuk yang kedua dan ketiga – khususnya untuk investasi – diluar dari rumah yang dihuni sendiri. Akhirnya karena rumah juga tidak tersewakan, atau tidak laku dijual ke pihak ketiga keempat, nah kemampuan membayar hanya di rumah pertama, macet deh kredit. Bank akhirnya kesulitan likuiditas… para debitur bingung kemana uangnya… dst dst…
Untuk itu jika rumah yang Anda beli adalah untuk kegiatan investasi, pastikan cash flow Anda ya. Jika Anda tidak mampu membayar, kasihan umat ini yang sudah sulit, nanti terkena kesulitan tambahan lagi.

Menyiasati DP
Nah untuk menyiasati DP ini, ada baiknya memang Anda mempersiapkan beberapa plan. Beberapa rencana yang perlu Anda pertimbangkan antara lain adalah:

- Pilihan rumah –
Masih ada celah bukan untuk DP 10%? Ya, untuk tipe dibawah 70m persegi, tipe bangunannya ya. Untuk keluarga kecil, anak 1-2 masih cukuplah. Beli saja dengan kondisi tanah yang cukup luas; atau jika nanti ada anggota keluarga baru, lahiran kembali maksudnya, rumah bisa ditingkat bukan? Tentu dengan mengubah IMB. Selip-selip, tanpa IMB juga bisa bukan? Hehehhe…

- Menabung
Mau bagaimana lagi, jika DP kurang, yach harus menabung bukan? Hehehe… atau kata ustadz, suruh perbanyak sedekah, biar DP segera dapat, bahkan rumah sekalian bisa terbeli, cash… tapi, kalau bisa kredit, mengapa harus cash?

- Bersabar-
Bagaimana pun juga, bila belum rejeki, maka bersabarlah, dan tetap terus berusaha. Usaha mencari rumah yang baru, yang cocok dengan keluarga, dan tentu saja cocok dengan ukuran kantong. Jangan pula sampai terlalu memberatkan Anda. Ingat, hanya sebentar saja kita hidup di dunia, hanya sesaat saja; hanya sementara. Ingatlah rumah akhirat. Anda sudah membangun rumah akhirat Anda?

Mencari rumah
Saatnya mencari rumah. Percaya atau tidak, ternyata ada rumah-rumah yang diskon lho. Pernah nasabah kami menyampaikan, bahkan hampir-hampir dia gratis mendapatkan rumah. Wuih, gimana caranya ya? Nanti ya, sabar… mudah-mudahan bisa kita kupas di episode berikutnya.

Atau membangun rumah
Jika tidak bisa membeli, cicillah sedikit demi sedikit. Maksudnya adalah bangun rumah Anda sendiri. Namun ini membutuhkan perhitungan Anda yang cukup cermat. Keuntungannya, Anda bisa membangun kapan saja Anda punya dana, Anda bisa cicil. Modal utamanya tentu tanah dahulu. Di Jakarta sudah mahal bukan? Masih banyak yang agak murah kok. Bahkan ada yang masih sekitar 1 jutaan, agak ke pinggiran sih, hehehe…  bahkan lebih murah dari itu. Namun memang perlu kesabaran, perlu keseriusan Anda mencari.
Masih ingat tidak saat Anda membeli gadget atau sepeda? Anda bolak-balik toko, searching di internet, banding-bandingin harga, fitur dll, untuk gadget/sepeda Anda. Yang mungkin 1-2 tahun Anda akan ganti gadget lagi, ganti model sepeda lagi. Nah ini rumah, yang bisa jadi puluhan tahun Anda tinggali, masak Anda tidak pilih dan cari dengan serius?

Ok demikian dahulu ya, semoga bermanfaat,

Oia...
mohon maaf untuk tampilan iklan jika mengganggu; mohon tidak dihiraukan; karena memang beberapa fasilitas kami dapatkan dari mereka untuk kelangsungan blog ini; karena blog ini juga butuh dana untuk operasional, terutama untuk hosting dan domain; untuk operasional admin nanti sajalah, hehehhe...
Jadi kami mohon maaf sebesar-besarnya pada para pengunjung; harap maklum.


Salam,
EKo Andrianto, 0812 8013 5327
Financial Planner

Tidak ada komentar:

Posting Komentar