Rabu, 26 Juni 2013

Komponen Biaya KPR Syariah Mandiri

Berikut adalah beberapa komponen biaya KPR di Bank Syariah Mandiri

1. Biaya DP
Ya, DP, Down Payment, atau pembiayaan sendiri, atau modal awal. Untuk di bank umum, saat ini dikenakan DP 30% untuk rumah baru, dan lebih besar lagi untuk rumah second. Di bank syariah, DP masih bisa 10-20 persen. 10 persen untuk rumah baru, dan 20 persen untuk rumah second. Nah persiapkanlah DP ini, karena KPR Anda tidak akan diproses, jika Anda tidak memiliki DP :D

2. Biaya Administrasi/Provisi
Ini adalah biaya pokok juga, biaya wajib. Anda akan dikenakan biaya sebesar 1% dari pengajuan KPR Anda.

3. Asuransi Jiwa dan Asuransi Kerugian
Asuransi jiwa dikenakan untuk Anda dan pasangan Anda; jumlahnya tidak terlalu besar, namun naik menurut umur Anda; dan juga asuransi kerugian, yaitu asuransi untuk objek jaminan/objek jual beli. Jumlahnya tidak terlalu besar; Persiapkan saja kurang lebih 1 persen dari KPR Anda.

4. Pajak Penjual-Pembeli
Nah, ini komponen yang lumayan besar. Masing-masing, antara penjual dan pembeli harus mempersiapkan dana, kurang lebih sekitat 3-4% dari nilai KPR. Atau bisa juga dengan kesepakatan bersama, siapa yang akan menanggung pajak tersebut. Biasanya memang dibagi ke kedua belah pihak.

5. Biaya Notaris
Ini juga komponen biaya yang wajib Anda persiapkan. Besarnya kurang lebih 1% dari nilai KPR Anda. Karena, Anda pasti ingin jual beli Anda dicatat bukan? Dicatat di depan hukum, sah menurut hukum perundang-undangan yang berlaku.

6. Biaya Materai
Nah ini tidak terlalu besar. Atau jika Anda berjualan materai, Anda bisa membawa sendiri. Kurang lebih sekitar 10 materai yang akan Anda pergunakan.

7. Biaya Lain-lain
Masih ada komponen biaya lainnya, misalnya biaya cek sertifikat, ini berbeda dengan biaya notaris ya. Biaya appraisal jika memang pembiayaan KPR Anda cukup besar. Nah kabar baiknya, Anda akan mendapatkan apprasial gratis untuk pembiayaan di bawah 500 juta.Persiapkan sekitar 2-3% dari nilai KPR Anda.

Jadi intinya berapa biayanya? Selain DP, kurang lebih Anda perlu mempersiapkan 7-8% dari nilai KPR. Untuk amannya, persiapkan saja sekitar 10%.

Demikian, semoga bermanfaat.
Salam

1 komentar: