Kamis, 20 Juni 2013

Menyikapi Kenaikan Harga Paska Kenaikan BBM

Menyikapi Kenaikan Harga Paska Kenaikan BBM


Bagaimana perencanaan keuangan, paska kenaikan harga BBM - Ada 2 langkah untuk menyikapi meroketnya harga-harga. Pertama yaitu pengetatan anggaran. Barangkali sudah umum. Dan memang saat ini dan sebelumnya saja sudah pada ketat, he… Maksudnya celana yang ketat.

Langkah-langkah pengetatan yang bisa diambil antara lain:

Proporsionalkan pengeluaran

Mulailah lihat pos-pos pengeluaran Anda. Proporsikan. Misalnya untuk kebutuhan konsumtif, maksimum sampai dengan 30%, transportasi 20%, tabungan 10%, zakat infak 5%, bisa dengan 2.5%, tetapi mengapa tidak sekalian 10%? Berani bukan jika infak 10%? Berarti tinggal tersisa 30% ya? Dan ini bisa dipergunakan untuk keperluan lain-lain. Jika pendapatan bulanan Anda 10 juta, nah ini mudah nih mengaturnya, tinggal dikomposisikan saja. Oia, maksimum untuk pembayaran utang Anda adalah 20-30% ya, jangan lebih dari itu. Jadi habis donk pendapatan? He… untuk itu bijaklah dalam konsumtif. Memperbanyak puasa sunah, mengapa tidak? Atau kurangi kongkow-kongkow, lebih baik pergunakan untuk kegiatan produktif.

Langkah selanjutnya adalah membuat list daftar pengeluaran Anda. Lihatlah, siapa tahu ada pengeluaran yang tidak penting, atau pengeluaran yang bisa disubstitusi dengan yang lebih terjangkau. Misalnya Anda menggunakan TV kabel, perbulan 100 ribu rupiah. Mengapa tidak Anda hilangkan saja? Bukankah masih sangat banyak channel TV yang gratis?

Pembelian baju baru. Kurangilah frekuensinya. Jika Anda sebulan sekali belanja, kurangilah menjadi 2 bulan, atau 3 bulan sekali.

Akhirnya, hanya satu yang perlu dilakukan lebih. Perbanyak amal, perbanyak ibadah, perbanyak sedekah. Semoga rejeki Anda, rejeki kita semua, bisa melimpah.

Tips - langkah selanjutnya,kita bahas berikutnya ya…
semoga bermanfaat

Terima kasih

Tidak ada komentar:

Posting Komentar