Minggu, 27 Desember 2015

Branchless Banking – Perbankan Era saat ini – Pisau Bermata Dua

Net Banking
Branchless Banking – Perbankan Era saat ini – Pisau Bermata Dua

Tergelitik pertanyaan teman, emang bank syariah udah ada net bankingnya? hehehe... Udahlah bro. Nah, beberapa waktu yang lalu, booming era internet, membawa perubahan pada perbankan, di Indonesia. Termasuk juga bank syariah. Tapi mungkin belum semua.

Diluaran sana, bisa juga disebut, self service banking, bank Anda sendiri. Anda ingat juga bukan, bank pemerintah, mungkin 2 tahunan yang lalu, bank cabang si Ini. Pernah ingat? Yah sudahlah.

Ini adalah era Anda. Khususnya untuk mengelola keuangan Anda. Transfer bisa dilakukan hampir kapan saja, kecuali offline :D

Bijaksana sajalah agar keuangan Anda tetap teratur. Permasalahan budaya belanja masyarakat Indonesia kan cukup besar. Mentang-mentang harbolnas, barang pura-pura diskon disikat. Ini 70% dll. Ada juga memang yang benar-benar diskon. Tapi jika hanya lapar mata, hati-hati. Bisa besar pasak daripada tiang.

Nah, era kemudahan ini juga perlu dipahami kemudahan – net banking nya. Disamping kemudahan, -tentu ada satu hal lagi yang perlu diperhatikan. Kehati-hatian Anda. Kehati-hatian pemakai. Mengapa? Tentu ada sisi positif dan negatifnya. Yang paling utama, jangan sampai Anda berikan password user Anda kepada siapapun, bahkan kepada pegawai bank. Jaga para phishing, tukang pancing password. Jika Anda merasa tidak aman, segera konsultasikan dengan bank Anda.
Termasuk pin ATM. Hati-hati dengan penipuan dll. Mama minta saham, ups, bukan. Mama minta pulsa atau call center palsu. Pastikan call center yang Anda hubungi benar. Jadi, pastikan Anda tahu call center bank Anda.

Yuk berhati-hati, jaga diri Anda.
Terima kasih

Tidak ada komentar:

Posting Komentar